Sunday, February 26, 2012

Manfaat Blog


Istilah blog mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering mengakses internet. Kita semua tahu bahwa blog adalah semacam jurnal online, dimana kita dapat mengekspresikan perasaan kita melalui tulisan. Blog dapat mewakili pendapat pribadi pemiliknya tentang topik tertentu. Melalui blog pula kita dapat bertukar ide dengan orang-orang di seluruh dunia. Tentu masih banyak lagi keuntungan memiliki blog.
Blog menjadi sangat populer dikarenakan beberapa alasan berikut ini:


1. Blog sangat ramah / familier dengan mesin pencari (search engine). Search engine akan senang dengan blog yang isinya selalu diperbarui secara teratur. Dengan demikian blog kita pun akan mudah terindex di search engine, dan pada akhirnya pengunjung pun akan semakin banyak ke blog kita.

2. Membuat sebuah blog caranya sangat mudah dan cepat serta kita tidak perlu menguasai pemrogaman website dengan HTML yang rumit. Kita tahu saat ini banyak sekali software untuk keperluan membuat blog.Adayang gratis maupun yang berbayar. Sebagai contoh yang gratis dan saya suka menggunakannya antara lain Blogger.com, WordPress.com, Blogdetik.com, Dagdigdug.com dan Weebly.com.

3. Dengan blog dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet penjualan bagi para pelaku bisnis online. Nah, bagi Anda yang tertarik terjun di dunia bisnis online atau ingin menjadi seorang marketer online, kiranya pilihan membuat blog ini sangat tepat untuk Anda.
Lalu apa keuntungannya memiliki blog ? Keuntungannya antara lain, kita akan mendapatkan penghasilan dari blog kita melalui:

1. Ruang iklan yang kita sediakan. Kita dapat menyediakan ruang kosong bagi para pemasang iklan di blog kita, baik berupa iklan link teks atau iklan banner. Jadi apabila ada pemasang iklan di blog kita, maka pemasang iklan tersebut akan membayar kepada kita sesuai dengan tarif yang kita tentukan. Tugas kita tentu saja harus meningkatkan jumlah kunjungan / trafik ke halaman blog kita.

2. Melalui blog kita dapat memasarkan beberapa program afiliasi yang kita ikuti. Kita bisa memasang banner dari program afiliasi itu atau kita bisa juga membuat ulasan atau review atas produk dari afiliasi yang kita ikuti tersebut. Semakin menarik bagi pengunjung atas review yang kita buat, maka kemungkinan terjadinya penjualan atas produk tersebut juga semakin tinggi. Banyak program afiliasi yang bisa kita ikuti baik yang gratis pendaftarannya maupun yang harus bayar.

3. Mengikuti program periklanan (adsense). Penghasilan akan kita peroleh dari pengunjung yang meng-klik iklan yang kita pasang di blog kita.
Banyak sekali program adsense. Tetapi  yang paling terkenal adalah google adsense. Untuk bisa diterima sebagai pengiklan di google adsense blog kita harus berbahasa Inggris ?. Di samping itu blog kita harus domain berbayar level  1, seperti nama domain yang berakhiran com, net, co.id dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment