Bepergian dengan kereta api memang
sangat menyenangkan karena kereta api adalah sarana transportasi yang
cepat dan terjangkau. Kereta api juga merupakan salah satu transportasi
sangat populer di dunia. Tapi tahukah anda, ada beberapa kereta api yang
memliki kualitas terbaik di dunia sehingga mereka menjadi model atau
contoh untuk perkeretaapian di dunia.
Berikut adalah ranking "10 Kereta Api Terbaik di Dunia " berdasarkan kecepatan, fasilitas, kenyamanan, ketepatan waktu, tarif, dan rute yang di lalui.
10. VR - Finland
VR atau VR Group (Finlandia:
VR-Yhtymä Oy) adalah sebuah perusahaan kereta api milik negara Finlandia
yang sebelumnya dikenal sebagai Suomen Valtion Rautatiet (Kereta Api
Negara Finlandia) sampai 1922 dan Valtionrautatiet / Statsjärnvägarna ( Kereta Api Negara ) sampai dengan tahun 1995.
Fungsinya yang paling penting adalah pengoperasian angkutan dan jasa
penumpang kereta api, sedangkan untuk pemeliharaan dan pembangunan
jaringan kereta api adalah tanggung jawab Administrasi Kereta Api
Finlandia (Ratahallintokeskus - RHK).
9. Great Southern Rail Limited - Australia
Kereta api di Australia dikembangkan pada abad ke-19
oleh Pemerintah Australia dan sejumlah perusahaan swasta. Layanan
penumpang kereta api ini dikendalikan oleh Public Transport Authority
(sebuah departemen pemerintah Western Australia) melalui TransPerth yang
mengoperasikan transportasi umum di Perth dan Transwa yang
mengoperasikan Country Passenger Services. Great Southern Rail juga
mengoperasikan kereta Indian Pasifik.
8. AVE - Spain
Alta Velocidad Española (AVE) adalah layanan kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi pada kecepatan hingga 300 km/h (186
mph) di jalur khusus di Spanyol. Nama ini secara harfiah diterjemahkan
dari bahasa Spanyol sebagai "Spanish High Speed", tetapi juga sering
digunakan dalam kata ave, yang berarti "burung".
7. KTX - South Korea
Korea Train Express (KTX)
adalah kereta kecepatan tinggi di Korea Selatan yang menghubungkan kota
Seoul ke Busan dan Mokpo. Dioperasikan oleh Korail dengan sistem
teknologi berdasarkan pada TGV Prancis / LGV System dengan memiliki
kecepatan tertinggi 350 km/h.
Kereta Korail paling mutakhir adalah KTX-II berdasar pada HSR-350X yang dikembangkan oleh Korea Selatan, yang dapat melakukan perjalanan lebih dari 350 km/h. Korea Selatan saat ini sedang mengembangkan model generasi mendatang bernama HEMU-400X, yang akan mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 400 km/h pada tahun 2012.
Kereta Korail paling mutakhir adalah KTX-II berdasar pada HSR-350X yang dikembangkan oleh Korea Selatan, yang dapat melakukan perjalanan lebih dari 350 km/h. Korea Selatan saat ini sedang mengembangkan model generasi mendatang bernama HEMU-400X, yang akan mampu berjalan dengan kecepatan lebih dari 400 km/h pada tahun 2012.
6. Russian Railways - Russia
Kereta api Rusia, Rossiyskie
Zheleznye Dorogi (RZhD), adalah perusahaan kereta api milik negara.
Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan kereta api terbesar di
dunia dengan 0.95 juta karyawan dan memonopoli perekeretaapian di Rusia. Panjang total rel yang digunakan oleh Kereta Api Rusia adalah 85.500 kilometer (53.130 mil), salah satu yang terbesar di dunia melebihi yang di punyai Amerika Serikat.
5. TAV - Italy
Treno Alta Velocità (TAV)
adalah badan khusus yang dimiliki oleh RFI. RFI sendiri adalah anak
perusahaan dari Ferrovie Dello Stato yaitu perusahaan kereta api Italia.
Tujuan dari pembangunan TAV adalah untuk membantu perjalanan kereta api dari kejenuhan dengan menggunakan jalur rel berkecepatan tinggi di Italia. Proyek pertama TAV di fokuskan pada rute Milan menuju Salerno dan Turin menuju Trieste.
Tujuan dari pembangunan TAV adalah untuk membantu perjalanan kereta api dari kejenuhan dengan menggunakan jalur rel berkecepatan tinggi di Italia. Proyek pertama TAV di fokuskan pada rute Milan menuju Salerno dan Turin menuju Trieste.
4. ICE - Germany
ICE (Intercity Express) adalah
suatu sistem kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi di Jerman.
"The Bundesbahn Deutsche" memulai serangkaian percobaan pada tahun 1985
dengan menggunakan kereta uji bernama InterCity Experimental (juga
disebut ICE-V). IC Experimental digunakan sebagai kereta uji kecepatan
tinggi dan menembus rekor baru dunia pada kecepatan 406,9 km/h (253 mph) pada tanggal 1 Mei 1988. Pada tahun 1996 ICE-V pensiun dan digantikan dengan unit baru yaitu ICE Sprinter.
3. Eurostar - England
Eurostar adalah kereta api
penumpang berkecepatan tinggi yang menghubungkan London dengan Paris dan
Brussels. Semua kereta apinya melintas di bawah Selat Inggris melalui
terowongan (tunnel) antara Inggris dan Perancis. Kereta ini dimiliki dan
dioperasikan secara terpisah oleh perusahaan Eurotunnel.
2. Japan Railways Group - Japan
The Japan Railways Group
(lebih dikenal sebagai JR Group), terdiri dari tujuh perusahaan
non-profit di Jepang yang mengambil alih sebagian besar aset dan
peng-operasian kereta api nasional milik pemerintah Jepang pada tanggal 1
April 1987. Grup JR terletak di
jantung jaringan kereta api Jepang, sebagian besar operasi pelayanan
kereta api antarkota (termasuk jalur Shinkansen kereta api berkecepatan
tinggi) dan jasa kereta api kommuter.
1. TGV - France
Ide TGV pertama kali diusulkan pada 1960-an, setelah Jepang mulai pembangunan Shinkansen pada tahun 1959.
TGV (Train à Grande Vitesse) adalah layanan kereta api berkecepatan tinggi di Perancis yang saat ini dioperasikan oleh VFE, operator kereta api nasional Prancis. Dikembangkan pada tahun 1970-an oleh GEC-Alsthom (sekarang Alstom) dan SNCF. Meskipun awalnya dirancang untuk digerakkan oleh turbin gas, namun TGV prototipe berevolusi menjadi kereta listrik. Tes TGV yang pertama dikemudikan oleh Eric Pieczak berhasil mencatat rekor untuk kereta tercepat, mencapai 574,8 km/h (357 mph) pada tanggal 3 April 2007. TGV sebelumnya menjabat rekor untuk perjalanan kereta api tercepat dengan laju rata-rata 279,4 km/h (173,6 mph), tapi akhirnya dikalahkan oleh CRH (China Railway High-speed) Cina pada tahun 2009 dengan rute Wuhan - Guangzhou.
Top route: Lorraine -- Champagne-Ardenne
TGV (Train à Grande Vitesse) adalah layanan kereta api berkecepatan tinggi di Perancis yang saat ini dioperasikan oleh VFE, operator kereta api nasional Prancis. Dikembangkan pada tahun 1970-an oleh GEC-Alsthom (sekarang Alstom) dan SNCF. Meskipun awalnya dirancang untuk digerakkan oleh turbin gas, namun TGV prototipe berevolusi menjadi kereta listrik. Tes TGV yang pertama dikemudikan oleh Eric Pieczak berhasil mencatat rekor untuk kereta tercepat, mencapai 574,8 km/h (357 mph) pada tanggal 3 April 2007. TGV sebelumnya menjabat rekor untuk perjalanan kereta api tercepat dengan laju rata-rata 279,4 km/h (173,6 mph), tapi akhirnya dikalahkan oleh CRH (China Railway High-speed) Cina pada tahun 2009 dengan rute Wuhan - Guangzhou.
Top route: Lorraine -- Champagne-Ardenne
0 comments:
Post a Comment